Proyek Perubahan Thomas Kimko, S.STP, M.AP “SARI KEMBANG MAS”

Judul proyek perubahan ini adalah "SARI KEMBANG MAS" Strategi Kolaborasi Pengembangan Kompetensi TIK Bagi Masyarakat untuk melahirkan KIM Merauke Cerdas. Permasalahan yang diangkat pada proyek perubahan ini adalah:

  1. Belum adanya Regulasi/Peraturan Terkait KIM
    Kelompok Informasi masyarakat yang selanjutnya disingkat dengan KIM adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat secara khusus sebagai layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya. KIM sendiri terbentuk berdasarkan PP No. 38 Tahun
    2007 tentang Pembangunan urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten / Kota, dan dijelaskan dengan Peraturan Menteri komunikasi dan Informatika RI No. 17 Tahun 2009 Tentang Diseminasi Informasi Nasional Oleh Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten / Kota.
  2. Kualitas SDM yang belum memahami Penggunaan Teknologi dan Informasi. Masyarakat di Kabupaten Merauke, khususnya pada wilayah kampung-kampung yang jauh dari pembangunan informasi masih belum sepenuhnya memahami konsep pembangunan teknologi informasi. Pembangunan teknologi informasi masih belum banyak memasuki wilayah pedesaan yang mengakibatkan belum berkembangnya kualitas sumber daya manusia pada wilayah pedesaan, khususnya di Kabupaten Merauke, ini merupakan salah satu faktor dari terjadinya kesenjangan digital dan menjadi masalah yang muncul dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Kesenjangan digital terbentuk dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak merata.
  3. Topografi wilayah yang luas yang mengakibatkan tidak meratanya pembangunan infrastruktur.

Ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab dari terjadinya kesenjangan digital dan menjadi masalah yang muncul pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Kesenjangan digital terbentuk dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak merata.

Foto Penyusunan Regulasi Kolaborasi pengembangan Kompetensi Bidang TIK Bagi Masyarakat Untuk Melahirkan KIM Merauke Cerdas

Tujuan yang akan dicapai adalah Kebijakan strategi pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk melahirkan kelompok informasi masyarakat melalui kolaborasi pengembangan Teknologi dan Informasi sebagai langkah mencerdaskan masyarakat Kabupaten Merauke.

Tim yang terlibat adalah Mentor,Coach, project Leader dan tim efektif yang terdiri dari Tim Administrasi, Tim Teknis dan Tim Monev serta dukungan stakeholder.

Output proyek perubahan ini adalah Terwujudnya Kolaborasi Pengembangan TIK untuk Melahirkan Kelompok Informasi Masyarakat sebagai langkah pengembangan kualitas sumber daya manusia dalam bidang Teknologi dan Informasi untuk mencerdaskan masyarakat
Kabupaten Merauke.

Outcome proyek perubahan ini adalah untuk memudahkan atau membantu mengembangkan dan meningkatkan keahlian sumber daya manusia, dengan adanya regulasi pendukungnya, diantaranya:

  1. Kebijakan Kepala Daerah tentang Kolaborasi Pengembangan TIK untuk Melahirkan Kelompok Informasi Masyarakat Cerdas.
  2. Peraturan Kepala Daerah tentang Kolaborasi Pengembangan TIK untuk
    Melahirkan Kelompok Informasi Masyarakat Cerdas.

Foto Pelaksanaan Konvergensi program penggerak TIK dalam kualitas Pengembangan SDM di Kabupaten Merauke

Kesimpulan tercapainya semua tujuan output dan outcome proyek perubahan, sesuai dengan tahapan yang telah ditetapakan pada jangka pendek yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah kabupaten Merauke.