Diskominfo Merauke Sosialisasikan Literasi Digital di Distrik Sota

Foto Bersama Peserta Literasi Digital Distrik Sota (Haerul)

Merauke - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke melaksanakan sosialisasi literasi digital di Distrik Sota, dengan tema Cerdas Bermedia Digital Mendatangkan Keuntungan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Thomas Kimko mengatakan, di era digitalisasi serba online seperti sekarang ini merupakan bagian dari kemajuan teknologi informasi karena banyaknya inovasi yang bermunculan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna atau masyarakat. Satu yang diharapkan pengguna dapat memanfaatkan kemajuan teknologi melalui media sosial untuk mendapatkan keuntungan.

Mengapa, karena dengan bermedia sosial kita bisa membangun komunikasi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Bisa berjualan online bahkan tidak sedikit yang menemukan pasangan hidup melalui media online. "Meski memberikan banyak keuntungan, penting untuk diingat bahwa ada banyak risiko dalam bermedia sosial. Karena itu, kita sebagai pengguna medsos harus lebih bijaksana dalam menggunakan media sosial yang tepat," terang Thomas Kimko, Selasa (14/5/2024) di Aula Distrik Sota, Merauke.

Pengguna media sosial diajak lebih cerdas dan bijak saat menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tik Tok, Cap Cut, kemudian penyebaran informasi yang kerap dilakukan melalui group WhatsApp, Telegram, dan yang lainnya harus benar-benar memikirkan dampak-dampak tertentu yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah, tidak menyebarkan berita hoaks atau berita bohong, namun setiap informasi atau berita yang diterima harus dicek kebenarannya sebelum dibagikan atau diteruskan ke sesama. Tidak mengirim video atau foto, atau statement yang tidak senonoh serta lebih berhati-hati karena akhir-akhir ini banyak kasus penipuan yang terjadi dengan memanfaatkan platform media sosial.

Sebagai masyarakat yang berakhlak mulia, baiknya memanfaatkan kemajuan teknologi informasi digital ini dengan membagikan kegiatan edukasi, informasi positif serta motivasi hidup dalam berbagai bidang untuk membangun masa depan generasi bangsa yang baik.

Sosialisasi yang berlangsung satu hari itu diikuti 30 peserta dari Distrik Sota, Kabupaten Merauke dikemas dalam sesi tanya jawab untuk menggali lebih dalam soal bermedia sosial yang mendatangkan keuntungan.(Get)

Maya

Staf Seksi Penyelenggara E-Government