Home Teknologi Dengan adanya aplikasi pelayanan Masyarakat Diharapkan dapat meningkatkan pelayanan

Dengan adanya aplikasi pelayanan Masyarakat Diharapkan dapat meningkatkan pelayanan

Dengan adanya aplikasi pelayanan Masyarakat Diharapkan dapat meningkatkan pelayanan

46
0
SHARE
Dengan adanya aplikasi pelayanan Masyarakat Diharapkan dapat meningkatkan pelayanan

Pemanfaatan teknologi saat ini merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindarkan karena kebutuhan informasi yang sangat cepat dan tepat menjadi suatu kebutuhan utama di segala aspek. Salah satu teknologi yang paling berkembang yakni berbasis web dan sering disebut internet.

Demikian disampaikan Asisten II Sekda Merauke, Drs. Selestinus Kahol saat membuka workshop e-government SID yang digelar Dinas Kominfo di Swiss-belHotel Merauke, Senin (16/7). Dikatakan, internet sudah digunakan di berbagai bidang baik bisnis, pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

"Teknologi internet yang kini sudah mendarah daging harus dimanfaatkan secara optimal, keberadaan teknologi diharapkan bisa menjadi jawaban untuk menyamaratakan kecepatan pelayanan, sebuah kemajuan jika pemerintah bisa mengadopsi teknologi sebagai infrastruktur utama pelayanan publik," ujar Selestinus.

Dia mengakui, rendahnya kualitas pelayanan terjadi hampir pada semua aspek pelayanan publik, baik pada aspek pelayanan jasa, pelayanan administratif dan pelayanan barang. Guna mengatasi permasalahan tersebut dan sejalan perkembangan teknologi informasi, salah satu upaya yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan elektronik.

Namun hal itu perlu didasari oleh kenyataan bahwa masyarakat sudah semakin terbiasa dengan jaringan e-government yang biasa diterapkan oleh pemerintah.

"Tujuan penerapannya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersifat transparan, akuntabel dan bebas korupsi," tegas Selestinus.

Dalam penyelenggaraannya, sambung Dia, e-government sistem mengacu pada dua hal yaitu penggunaan TI yang memanfaatkan jaringan internet dan terbangunnya sebuah sistem baru dalam tata kelola pemerintahan.

"e-government sistem itu sendiri mulai di adopsi di Indonesia sejak 2002 sebagai sebuah inovasi baru dalam bidang kepemerintahan," pungkas Selestinus.